Kamis, 27 Maret 2014

surabayaa oh surabayaaa
kota kenangan kota kenangan

tak kan ku lupaaa

sekitar seminggu yang lalu (18-25 maret 2014) alhamdulillah aku bersama ica dan chai berkesempatan mengikuti lomba INCHALL 2014 yang diselenggarakan di Institut Teknologi Nopember Surabaya. ga nyangka luar biasa karena tim aku lolos inchall 2014. padahal dari tim yang lain cuma tim aku yang minim persiapan, tapi alhamdulillah tim aku yang lolos. dari region 1 cuma 2 universitas yang lulus yaitu UNAND dan USU.

kami berangkat tanggal 18 maret 2014. acaranya sih mulai tanggal 19 maret. lombanya terdiri dari 3 stage. stage 1 dinamakan bet it or lose it. disini awalnya ngisi soal pilihan ganda sebanyak 25 buah dengan waktu 30 menit dilanjutkan dengan taruhan soal, berapa nilai yang kita pertaruhkan apabila kita benar menjawabnya bakalan dapet nilai segitu. aku sendiri masuk ke ruang 2. ruang 2 ini merupakan cakupan mata kuliah Metode Optimasi, Statistika Industri, dan Manajemen Industri. Awal masuk beneran ga pede secara aku sama sekali ga ngerti atas nama pelajaran optimasi industri. alhasil aku cuma berani naruhin nilai sebesar 5. jadi kalo salah ga banyak2 banget kurangnya.

hari kedua masuk stage 2 - case study. disini kami diberi permasalahan perusahaan teh surabaya ingin meminimasi emisi penggunaan carbon dalam proses produksi mereka. kami dianggap sebagai konsultan PPIC diminta untuk memberikan saran dan solusi atas permasalahan yang dialami perusahaan tersebut. disini lagi-lagi kami menemukan masalah, kelompok kami sama sekali ga well-prepared, buku cuma seadanya, alat tulis seadanya, laptop cuma satu! belajar pun ga ada. akhirnya dengan modal nekat kami masuk ke ruangan. prinsipnya: wallahualam, rezeki ga kemana! haha skeptis emang, tapi daripada mundur duluan ga asik dong. syukur alhamdulillah kami bisa menyelesaikan soal tersebut di detik2 terakhir. jawaban kami dikumpulkan oleh LO dan pengumuman yang lulus masuk grand final itu malamnya setelah gala dinner.

nah malamnya kami diundang gala dinner oleh pemerintah kota Surabaya di rumah dinas Walikota Surabaya!! kece ga siiiihh, kami disuruh pake batik celana kain dan sepatu. rapi banget asli. nyampe di rumah dinasnya kami masuk dan mendapati meja-meja bulat disusun sangat cantik dengan di atas meja tersusun piring-piring dan gelas gelas cantik berikut alunan musik akustik yang membuat suasana malam itu sangatlah mewah. cuma sayangnya, wako surabaya sendiri berhalangan hadir dikarenakan ada agenda keluar kota, dan beliau malam itu digantikan oleh ajudannya. acara penyambutan kami berlangsung sangat hangat. feels like very welcome here :") selesai gala dinner pukul 8 , kami dibawa panitia ke kampus ITS untuk pengumuman grand final. sayang sekali tim aku ga lulus masuk grand final. cuma 5 tim yang lolos. ga apa apa. aku pribadi lulus 15 besar dan ke Surabaya aja udah alhamdulillah luar biasa banget. kecewa sih kecewa tapi yah sepadan lah dengan usaha yang kami lakukan. selesai acara pengumuman grand final, jadwalnya sih pulang ke hotel tapi kami minta ke drivernya dianterin ke Jembatan Suramadu! drivernya bolehin, perjalanan menuju Suramadu ditempuh sejam dan melewati kampung nelayan karena letaknya sudah dipinggiran kota deket pantai. sampai disana kaami melihat jembatan suramadu terbentang dengan indahnya diikuti lampu-lampu jalan yang membuat jembatan tersebut semakin megah.

Hari ketiga --  acara free! karena ga masuk grand final kami dibebaskan pergi kemana saja tentunya dengan driver dan LO. awalnya sih aku agak kesal ya, karena kami keluar hotel sudah siang habis jumat. buang-buang waktu asli, secara besok malam kami sudah meninggalkan surabaya jadinya harus memanfaatkan waktu kan. tapi yasudahlah, kami diajak ke House of Sampoerna, tugu pahlawan dan ke pasar genteng. di pasar genteng kami belanja buat oleh-oleh yang akan di bawa pulang. malamnya kami bertiga jalan kaki menuju Grand City Mall, disni kami nonton midnight, Divergent. nyempetin banget sih haha pulangnya udah jam 1 . langsung tidur karena besok udah harus checkout

hari keempat - last day! paginya aku bangun aku masih packing (ga ngerti ga tau kenapa barang aku susah banget untuk dipackingin -_- ) kami keluar hotel jam 11. tempat pertama yang kami kinjungi adalah makan siang di sate klopo Ondomohen. sate klopo itu sate daging yang dipanggang dengan kelapa pake kuah kacang. enak. lanjut kami ke mesjid Ceng Ho. mesjid ini berstruktur kayak kuilnya orang cina lo, bagus banget. setelah itu kami belanja baju kaus khas Surabaya, cak cuk namanya. aku beli dua. lanjut ke hutan manggrove. hutan manggrove menuju kesananya kami naik kapal kecil. asik luar biasa. awalnya sih agak takut tapi lama kelamaan nggak, hehe.

selesai dari manggrove kami langsung balik lagi ke ITS. closing ceremony nya. disini tim aku telat, haha. acara cuma nungggin kami datang aja .__. well, closing ceremonynya kece punya deh. semua panitia all out. salut asli. mereka ga malu-malu, mereka semua mau tampil, mereka semua tanggung jawab atas acara mereka, ga terfokus pada satu atau beberapa orang saja. juara satu lomba ichall ini dimenangkan oleh unisba, diikuti oleh ITS dan UGM. selesai pengumuman pemenang kami semua berfoto bersama terus salam-salaman sama semua peserta dan panitia. sedih siiih acaranya udah selesai aja. jam 7 aku on the way ke bandara, pesawat aku take off jam 9 menuju Jakarta.

good bye Surabaya, thanks for an amazing experience!

ps: ini beberapa fotonya yaa, no pic = hoax!